2 Langkah Singkat Mendistribusikan Program Java Menggunakan Netbeans

2 Langkah Mendistribusikan Program Java Menggunakan Netbeans - distribusi program merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan agar program tidak hanya dapat dijalankan di tools pemrograman java saja, seperti netbeans IDE dan eclipse. Dalam pemrograman berbasis java, output yang dihasilkan dari pendistribusian program adalah file berekstensi [dot] jar. Jar merupakan singkatan dari Java Archive. Format ekstensi ini memungkinkan program java dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS, Linux, dan sebagainya, dengan catatan pada sistem operasi tersebut telah terinstall JRE (Java Runtime Environtment).

Mendistribusikan program pada java tidaklah sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kali ini akan dipraktekkan 2 langkah cepat untuk mendistribusikan program java dengan menggunakan netbeans. Adapun contoh program yang akan di distribusikan adalah program CRUD (Create, Read, Update, dan Delete) yang telah ditulis sebelumnya, yang diberi nama MahasiswaApp. Bagi anda yang belum mengetahui program yang dimaksud silahkan lihat dulu disini.

Setelah program yang akan didistribusikan telah siap, barulah kita bisa memulai. Baiklah tanpa berlama-lama, berikut 2 langkah yang dapat anda praktekkan untuk mendistribusikan program java pada netbeans IDE.

Build Project

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah build project yang telah kita bangun, agar menjadi file yang siap didistribusikan. Caranya adalah dengan klik kanan pada folder project yang akan didistribusikan, lalu pilih clean and build. Setelah selesai, nantinya akan otomatis membuat folder dist yang terletak pada folder project yang telah kita buat.

Kelas Informatika - Folder Dist

Selanjutnya buka folder dist, didalamnya terdapat sebuah file berekstensi [dot]jar dengan nama MahasiswaApp, sesuai dengan nama projet yang telah kita buat. Pada folder dist juga terdapat library yang dibutuhkan oleh program yang kita buat, seperti driver untuk MySQL.


Menjalankan Program

Langkah kedua adalah mencoba menjalankan program. Sistem operasi yang digunakan pada praktek kali ini adalah Linux, sehingga untuk menjalankan program dapat menggunakan terminal atau bisa juga menggunakan command prompt bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows. Adapun perintah yang digunakan adalah :

Java -jar MahasiswaApp.jar

Jika berhasil, program akan berjalan persis seperti pada Netbeans IDE

Demikian turorial ini dibuat, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Salam 😊

2 Komentar untuk "2 Langkah Singkat Mendistribusikan Program Java Menggunakan Netbeans"

  1. Ada artikel tentang java dasar gk min? Saya sangat tertarik untuk belajar java.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemrograman java menggunakan netbeans.. sebagian kecil sudah diterbitkan kak, selebihnya ditunggu aja ya :-)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel