JOptionPane pada Pemrograman Java (Lengkap dengan Contoh Program dan Analisis)

JOptionPane pada Pemrograman Java (Lengkap dengan Contoh Program dan Analisis) - Kelas JOptionPane pada pemrograman java biasanya digunakan untuk menyediakan kotak dialog standar seperti kotak dialog pesan, kotak dialog konfirmasi dan kotak dialog input. Kotak dialog ini digunakan untuk menampilkan informasi atau mendapat masukan dari pengguna.


Kelas Informatika - Kelas JOptionPane pada Pemrograman Java


Berdasarkan strukturnya, kelas JOptionPane mewarisi kelas JComponent. Berikut merupakan deklarasi kelas JOptionPane pada pemrograman java.
public class JOptionPane extends JComponent implements Accessible
>

Konstruktor pada kelas JOptionPane

Konstruktor merupakan salah satu hal penting dalam pemrograman java. Konstruktor adalah sebuah blok kode yang mirip dengan method yang dipanggil, saat instance sebuah objek dibuat.  Konstruktor berfungsi sebagai jenis method yang khusus digunakan untuk menginisialisasi atau memberikan nilai awal terhadap sebuah objek. Terdapat 3 model konstruktor kelas JOptionPane yang umum digunakan pada pemrograman java.
Konstruktor Deskripsi
JOptionPane ( ) Berfungsi untuk membuat sebuah JOptionPane untuk menguji tampilan pesan
JOptionPane (Object message) Berfungsi untuk membuat sebuah nilai awal dari JOptionPane untuk menampilkan sebuah pesan
JOptionPane (Object message, int messageType) Berfungsi untuk membuat sebuah nilai awal dari JOptionPane untuk menampilkan jenis pesan yang lebih spesifik dengan pengaturan standar (default)

Method pada kelas JOptionPane

Method adalah kumpulan dari kode yang dapat dipanggil dan difungsikan hanya dengan menyisipkan nama method dalam sebuah program. Jadi, didalam sebuah method terdapat kumpulan kode yang berfungsi untuk melakukan operasi sehingga jika anda panggil fungsi operasi tersebut dapat langsung dijalankan. Sebagai contoh adalah apabila anda memanggil method System.out.println() dalam java, maka kemudian sistem akan mengeksekusi dan menampilkan pesan pada jendela konsol. Hal ini karena method System.out.println() berfungsi untuk mencetak atau menampilkan pesan. Adapun method kelas JOptionPane yang umum digunakan antara lain.
Method Deskripsi
JDialog createDialog (String title) Berfungsi untuk membuat dan mengembalikan objek JDialog baru berdasarkan parameter judul yang telah ditentukan
static void showMessageDialog (Component parentComponent, Object message) Berfungsi untuk membuat informasi pesan dialog bertajuk objek berdasarkan parameter
static void showMessageDialog(Component parentComponent, Object message, String title, int messageType) Berfungsi untuk membuat sebuah pesan dialog menggunakan judul dan berdasarkan jenis pesan
static int showConfirmDialog (Component parentComponent, Object message) Berfungsi untuk membuat sebuah dialog dengan konfirmasi pilihan Yes, No, dan Cancel disertai dengan judul dan fitur memilih opsi
static String showInputDialog (Component parentComponent, Object message) Berfungsi untuk menampilkan pesan berupa permintaan masukan (input) dari pengguna (user)
void setInputValue (Object newValue) Berfungsi untuk mengatur nilai masukan (input) yang telah dipilih atau dimasukkan oleh pengguna (user)


Source JOptionPane Sederhana

Agar lebih mudah dipahami, Kelas Informatika akan memberikan 4 contoh macam-macam penerapan kelas JOptionPane pada pemrograman java. 3 Jenis kelas JOptionPane akan dilengkapi dengan source code sederhana, silahkan dicermati.

JOptionPane Show Message

Show message adalah contoh pertama dari keempat jenis kelas JOptionPane. Show message berfungsi untuk menampilkan jendela atau kotak dialog yang berisi pesan yang ingin anda munculkan sebagai aksi dari elemen dalam interface program. Untuk dapat menggunakan fitur ini caranya sangatlah mudah, yaitu dengan memanggil method showMessage Dialog(), lalu memasukkan Teks (String) yang ingin anda tampilkan. Berikut contoh source code untuk menampilkan showMessageDialog, sebagai bagian dari kelas JOptionPane.
import javax.swing.*;
public class ContohOptionPane { 
JFrame f;
ContohOptionPane (){
f=new JFrame();
JOptionPane.showMessageDialog(f,"Halo.. Selamat Datang di Kelas Informatika.");
}

public static void main(String[] args) {
new ContohOptionPane ();
}
} 

Perlu diketahui bahwa dalam method showMessageDialog() tidak hanya dapat menampilkan pesan (message), namun juga dapat memunculkan peringatan (alert) dengan hanya menambahkan parameter “alert” didalam method showMessageDialog. Berikut contoh source code untuk menampilkan jendela peringatan (alert).
import javax.swing.*;
public class ContohOptionPane {
JFrame f;
ContohOptionPane (){
f=new JFrame();
JOptionPane.showMessageDialog(f,"Update Berhasil.","Alert",JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
}

public static void main(String[] args) {
new ContohOptionPane ();
}
} 

JOptionPane Input Dialog

Sesuai dengan namanya, model JOptionPane yang satu ini berfungsi menampilkan kotak dialog untuk meminta masukan dari pengguna aplikasi (user). Input dialog dapat anda gunakan dengan memanggil method showInputDialog() dan memasukkan Teks (String) perintah untuk meminta masukan dari user. Berikut contoh source code untuk menampilkan input dialog.
import javax.swing.*;
public class ContohOptionPane {
JFrame f;
ContohOptionPane(){
f=new JFrame();
String nama=JOptionPane.showInputDialog(f,"Masukkan Nama Anda");
}
public static void main(String[] args) {
new ContohOptionPane();
}
}

JOptionPane Confirm Dialog

Confirm dialog merupakan jenis kelas JOptionPane terakhir yang berfungsi untuk meminta konfirmasi terhadap pengguna aplikasi (user). Fitur satu ini sering kita temukan ketika akan keluar dari aplikasi, biasanya setelah menekan tombol exit sebuah aplikasi akan memunculkan jendela konfirmasi, “apakah anda yakin akan keluar?”. Untuk menerapkan confirm dialog pada kelas JOptionPane adalah dengan memanggil method showConfirmDialog(). Berikut contoh source showConfirmDialog pada kelas JOptionPane.
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;

public class ContohOptionPane extends WindowAdapter{
JFrame f;
ContohOptionPane(){
f=new JFrame();
f.addWindowListener(this);
f.setSize(300, 300);
f.setLayout(null);
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.DO_NOTHING_ON_CLOSE);
f.setVisible(true);
}

public void windowClosing(WindowEvent e) {
int a=JOptionPane.showConfirmDialog(f,"Are you sure?");
if(a==JOptionPane.YES_OPTION){
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}

public static void main(String[] args) {
new  ContohOptionPane();
}
}

Contoh Program Menggunakan Kelas JOptionPane

Pada praktiknya penggunaan kelas JOptionPane pada pemrograman java telah banyak digunakan. Kelas Informatika akan mencontohkan program pemberian predikat terhadap nilai yang di input oleh user, tentunya dengan menggunakan kelas JOptionPane. Sebagai bonus, program akan di analisa baris per baris kode lengkap dengan flowchart program. Berikut source code untuk membuat program pemberian predikat nilai menggunakan Kelas JOptionPane.
import javax.swing.JOptionPane;
public class modif_JoptionPane{
public static void main( String[] args ){
String a=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai");
double grade=Double.parseDouble(a);
String pesan="";
if( grade >= 90 ){
pesan="Excellent";
}
else
if( (grade < 90) && (grade >= 80)){
pesan="Bagus!";
}
else 
if( (grade < 80) && (grade >= 60)){
pesan="Belajar Lagi!"
}
else{
pesan="Maaf, Anda Gagal";
}
JOptionPane.showMessageDialog(null, pesan);  
}
}

Secara umum, apabila program dijalankan akan memunculkan kotak dialog yang memerintahkan pengguna (user) untuk memasukkan sebuah nilai di interval 0 - 100. Setelah nilai di masukkan program akan memunculkan jendela pesan, dalam hal ini adalah jenis Show Message dalam kelas JOptionPane. Isi pesan adalah berupa predikat yang dihasilkan berdasarkan nilai yang telah di inputkan tadi. Output predikat pun akan berbeda - beda sesuai dengan nilai yang telah di inputkan dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Apabila nilai yang di inputkan lebih dari atau sama dengan Sembilan puluh ( >=90), predikat yang diperoleh adalah “Excellent”.
  2. Apabila nilai yang di inputkan berada di interval delapan puluh sampai dengan delapan puluh sembilan ( <90 dan >=80), predikat yang diperoleh adalah “Bagus!”.
  3. Apabila nilai yang di inputkan berada di interval enam puluh sampai dengan tujuh puluh sembilan ( <80 dan >=60), predikat yang diperoleh adalah “Belajar lagi!”.
  4. Apabila nilai yang di inputkan adalah lima puluh sembilan ke bawah ( <60), predikat yang diperoleh adalah “Maaf, anda gagal”.

Agar lebih mudah dipahami, mari simak tabel jenis predikat berdasarkan nilai berikut.
Interval Nilai Pesan
90 - 100 Excellent
80 - 89 Bagus!
60 - 79 Belajar lagi!
0 - 59 Maaf, anda gagal
Alur jalannya program tersebut telah digambarkan dalam flowchart berikut.

Kelas Informatika - Flowchart Program Menggunakan JOptionPane

Sedangkan penjelasan dan analisa source code program akan di paparkan baris per baris dibawah ini.
import javax.swing.JOptionPane;
menginformasikan bahwa kita akan meng-import class JOptionPane dari package javax.swing.

public class modif_JoptionPane {
modif_JoptionPane merupakan deklarasi nama class. Class menggunakan akses public, sehingga class modif_JoptionPane dapat diakses oleh class lain yang berada di luar package (kumpulan dari  beberapa class).

public static void main( String[] args ) {
mendeklarasikan method main().

String a=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai");
digunakan untuk membuat input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog, yang terdiri atas sebuah message, sebuah textfield dan sebuah button OK. Dialog tersebut akan memberikan return value String yang akan disimpan di variabel a. 

double grade=Double.parseDouble(a);
konversi a, dari string ke double. Yang disimpan pada variabel grade.

String pesan="";
mendeklarasikan variabel String dengan identifier bernama pesan.

if( grade >= 90 ){
pesan="Excellent";
Jika variabel grade bernilai lebih dari atau sama dengan 90, maka identifier pesan akan mnampilkan string Excellent

else if( (grade < 90) && (grade >= 80)){
pesan="Bagus!";
Jika variabel grade bernilai kurang dari 90 atau lebih dari sama dengan 80, maka identifier pesan akan mnampilkan string Bagus!

else if( (grade < 80) && (grade >= 60)){
pesan="Belajar lagi!";
Jika variabel grade bernilai kurang dari 80 atau lebih dari sama dengan 60, maka identifier pesan akan mnampilkan string Belajar lagi!

else
{
pesan="Maaf, Anda gagal.";
}
Jika variabel grade bernilai selain dari berbagai kondisi diatas, maka identifier pesan akan mnampilkan string Maaf, Anda gagal!

JOptionPane.showMessageDialog(null, pesan);  
Akan menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan dan sebuah OK button.

Sekian tulisan mengenai kelas JOptionPane pada pemrograman java, semoga bermanfaat. Jika ada saran, kritik, ataupun pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar. Salam 😊

Belum ada Komentar untuk "JOptionPane pada Pemrograman Java (Lengkap dengan Contoh Program dan Analisis)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel