Program Ramalan Bintang (Zodiak) Menggunakan Array pada Pemrograman Java

Program Ramalan Bintang (Zodiak) Menggunakan Array pada Pemrograman Java - Tulisan kali ini akan membahas secara detail mengenai proses pembuatan program ramalan bintang (zodiak) menggunakan bahasa pemrograman java. Mulai dari proses perancangan hingga implementasi program semua akan dijelaskan secara lengkap disini. Namun sebelum itu akan dijelaskan terlebih dahulu pengertian dari zodiak. Ramalan bintang dapat pula disebut zodiak, secara etimologi berasal dari kata “zodiacus” yang artinya (lingkaran) hewan. Karena alasan tersebutlah zodiak kemudian menggunakan nama-nama binatang untuk menamainya. Adapun macam-macam zodiak kesemuanya berjumlah 12 buah, diantaranya :
  • Capricorn (22 Desember - 19 Januari)
  • Aquarius (20 Januari - 18 Februari)
  • Pisces (19 Februari - 20 Maret)
  • Aries (21 Maret - 19 April)
  • Taurus (20 April - 20 Mei)
  • Gemini (21 Mei - 20 Juni)
  • Cancer (21 Juni - 22 Juli)
  • Leo (23 Juli - 22 Agustus)
  • Virgo (23 Agustus - 22 September)
  • Libra (23 September - 22 Oktober)
  • Scorpio (23 Oktober - 21 November)
  • Sagitarius (22 November - 21 Desember)

Gambaran Umum Program

Pada umumnya orang-orang melihat ramalan bintang (zodiak) berdasarkan referensi yang bersumber dari buku, surat kabar, ataupun media konvensional lainnya. Seiring perkembangan teknologi informasi, akhir-akhir ini beberapa orang telah menyajikan informasi zodiak melalui beberapa platform teknologi seperti halnya website, aplikasi berbasis desktop, bahkan pada perangkat bergerak (mobile) seperti halnya pada smartphone android, iPhone, windows mobile, atau yang sejenisnya.

Program ramalan bintang (zodiak) ini tentunya merupakan aplikasi berbasis desktop, karena dalam prakteknya diterapkan pada bahasa pemrograman java. Selain kemudahan untuk mengakses, program ramalan bintang (zodiak) berbasis teknologi (desktop) ini juga memiliki keunggulan dalam hal kecepatan penyebaran informasi mengenai ramalan bintang zodiak.

Skenario Sistem

Program ramalan bintang (zodiak) menggunakan java terdiri dari 3 skenario, yaitu :
  1. Pengguna mengakses aplikasi atau program ramalan bintang (zodiak)
  2. Sistem akan menampilkan interface aplikasi yang didalamnya telah terdapat fitur untuk mengisikan tanggal serta bulan sesuai kelahiran
  3. Sistem akan menampilkan informasi mengenai zodiak terkait
  4. Pengguna keluar dari aplikasi

Perancangan Sistem

Program ramalan bintang (zodiak) akan dirancang dengan menggunakan beberapa model analisis sistem diantaranya adalah flowchart, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, collaboration diagram, class diagram, hingga desain interface atau antarmuka.

Flowchart

Flowchart akan memberikan gambaran alur program yang akan dibangun. Berikut ini flowchart program ramalan bintang menggunakan pemrograman java.

Kelas Informatika - Flowchart


Seperti yang terlihat, bahwa flowchart program ramalan bintang yang akan dibangun didominasi oleh notasi percabangan (decision). Memang sudah semestinya, karena dalam program ramalan bintang akan melakukan pencocokan terhadap 12 data zodiak berdasarkan input tanggal dan bulan yang dilakukan oleh user.

Use Case Diagram

Use case diagram dirancang untuk mengetahui hubungan antara aktor-aktor yang terlibat interaksi dengan program yang akan dibangun dengan use case. Pada use case diagram juga menggambarkan jenis hubungan interaksi antar aktor dengan aktor, use case dengan use case, aktor dengan use case, maupun sebaliknya. Berikut ini merupakan use case diagram program ramalan bintang menggunakan java.
gambar use case.


Activity Diagram

Activity diagram memiliki fungsi yang hampir sama dengan flowchart, yakni untuk mengetahui urutan kegiatan program yang akan dibangun. Adapun perbedaan antara flowchart dengan activity diagram dengan flowchart terletak pada penggunaan beberapa notasi, seperti halnya notasi mulai dan selesai. Activity diagram program ramalan bintang menggunakan java ditunjukkan pada gambar berikut.



Sequence Diagram

Sequence diagram akan menunjukkan proses yang dilakukan oleh user sebagai entitas eksternal maupun entitas internal yang dalam hal ini diperankan oleh sistem. Pada sequence diagram pula akan digambarkan urutan kegiatan antar objek satu dengan lainnya serta hubungannya. Berikut gambar sequence diagram program ramalan bintang yang akan dibangun.


Kelas Informatika - Sequence Diagram


Collaboration Diagram

Secara fungsi collaboration diagram dengan sequence diagram memiliki beberapa kemiripan. Dalam collaboration diagram akan menunjukkan objek utama yang memiliki hubungan interaksi dan berperan penting dalam menjalankan fungsi program ramalan bintang yang akan dibangun. Pada collaboration diagram juga menunjukkan kelas yang akan digunakan untuk menjalankan fungsi objek terkait, sehingga hal ini dapat memudahkan developer dalam membangun sebuah program. Berikut ini merupakan collaboration diagram pada program ramalan bintang menggunakan java.


Kelas Informatika - Collaboration Diagram

Desain Interface (Antarmuka)

Desain interface merupakan representasi dari seluruh model perancangan sistem yang telah dibuat sebelumnya. Dalam prakteknya, desain interface (perancangan antarmuka) mengacu kepada cabang ilmu interaksi manusia dan komputer. Hal ini bertujuan untuk membuat program yang user friendly dan memiliki nilai ergonomi yang berkualitas. Sebagai gambaran, Kelas Informatika telah memaparkan bagaimana pentingnya ilmu interaksi manusia dan komputer yang dapat anda lihat disini

Adapun desain interface program ramalan bintang menggunakan java terdiri dari dua interface. Pertama adalah form ramalan bintang, ditunjukkan pada gambar berikut.

Kelas Informatika - Interface Form Ramalan

Form ramalan bintang merupakan tampilan pertama ketika program dijalankan. pada tampilan ini user akan di perlihatkan form untuk menginputkan tanggal dan bulan kelahiran, selanjutnya dapat menekan tombol OK untuk melanjutkan atau melihat hasil ramalan bintang. Adapun hasil ramalan bintang berada pada interface kedua yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Kelas Informatika - Interface Hasil Ramalan

Interface kedua ini akan menunjukkan hasil ramalan bintang berdasarkan pada input yang dilakukan user. Terdapat 4 aspek informasi hasil ramalan yang ditunjukkan oleh sistem, yakni jenis zodiak, umum, keterangan, serta ramalan asmara.

Source Code Program Ramalan Bintang

Program ramalan bintang dibangun menggunakan bahasa pemrograman java dengan berdasar kepada hasil analisis dan perancangan sistem yang telah dilakukan. Alur program ramalan bintang dimulai dari menampilan form utama yang berfungsi untuk menginput tanggal lahir dan bulan lahir. Kemudian berdasarkan data tersebut sistem akan melakukan pencocokan data hingga tanggal dan bulan yang di inputkan dapat ditampilkan sesuai dengan  interval  zodiak masing-masing. 

Sebagai gambaran, anda dapat melihat review source code serta proses menjalankan program ramalan bintang melalui tontonan berikut.



Program ramalan bintang ini terdiri dari 5 kelas. Masing-masing kelas bernama Ramalanbintang, aksi, array_bintang, tampilan, dan tampilan2 dengan rincian masing-masing kelas sebagai berikut:

1. Ramalanbintang
Kelas Ramalanbintang merupakan method utama yang berfungsi untuk memanggil method eksekusi yang berada didalam kelas aksi.

2. Aksi
Kelas aksi berfungsi untuk merespon input data tanggal dan bulan yang dimasukkan setelah ditekan tombol OK pada form pengisian tanggal dan bulan (kelas tampilan2). Respon tersebut meliputi konversi data yang di input, lalu dari data tersebut dibuatlah logika percabangan (decision) berdasarkan interval waktu pada zodiak tertentu, kemudian akan menghasilkan output yang sesuai dengan data yang dimasukkan di awal. Output dihasilkan dari kelas array_bintang. Dalam kelas ini pula terdapat fungsi exception handling (try-catch) sehingga pabila terjadi kesalahan dalam aktivitas ini dapat dideteksi dengan lebih mudah.

3. Array_bintang
Dalam kelas array_bintang terdapat beberapa array yang berisi tentang daftar zodiak beserta deskripsi  masing-masing.

4. Tampilan
Kelas tampilan berfungsi untuk merancang tampilan seperti Jlabel, pengaturan setBound, hingga peletakan warna form2 yang didalamnya berisi deskripsi zodiak masing-masing. Kelas ini akan muncul apabila telah mengisi tanggal dan bulan lahir serta menekan tombol ok.

5. Tampilan2
Kelas tampilan2 berfungsi untuk merancang tampilan seperti Jlabel, Jbutton, Jtextfield pengaturan setBound, juga peletakan warna dari tampilan awal program yang didalamnya berisi area yang dapat di inputkan data berdasarkan tanggal lahir.

File source code program ramalan bintang menggunakan java dapat anda peroleh dengan cara mengikuti panduan download, yang akan dijelaskan pada bagian penutup.

Penutup

Bagi anda yang ingin mengembangkan program ramalan bintang ini, atau untuk referensi maupun tujuan lain, dapat anda download file lengkap yang didalamnya berisi source code, project perancangan sistem, serta dokumentasi melalui link download berikut.

Kelas Informatika - Download Source Code

Demikian tulisan kali ini yang membahas tentang Program Ramalan Bintang (Zodiak) Menggunakan Array pada Pemrograman Java. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Salam 😊

Belum ada Komentar untuk "Program Ramalan Bintang (Zodiak) Menggunakan Array pada Pemrograman Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel