Google Webmaster Tools : Definisi, Manfaat, dan Pengenalan Fitur Terbaru

Definisi, Manfaat, dan Pengenalan Fitur Terbaru Google Webmaster Tools - Siapa yang tak tau Google Webmaster Tools? Hampir sebagian besar pengguna blog sudah tak asing lagi dengan tools google satu ini. Google Webmaster Tools (GWT) atau yang juga disebut dengan Google Search Console merupakan salah satu fitur unggulan yang dirilis google dengan tujuan mempermudah para pengelola blog dalam mencermati pergerakan blog di dalam search engine. Bagi anda yang sedang belajar Search Engine Optimization (SEO), Google Webmaster Tools merupakan lagu wajib yang harus anda kuasai.

Kelas Informatika - Definisi, Manfaat, dan Pengenalan Fitur Terbaru Google Webmaster Tools



Manfaat Google Webmaster Tools

Selain mempercepat proses indexing, berikut akan dipaparkan beberapa manfaat Google Webmaster Tools.

Cepat Mendeteksi Error

Tanpa disadari terkadang blog memiliki beberapa kesalahan yang berakibat pada turunnya performa blog, seperti turunnya jumlah visitor, melambatnya kecepatan akses, hingga error pada blog. Google Webmaster Tools dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut dengan mengirimkan notifikasi error dan menawarkan solusi yang dapat anda gunakan sehingga setiap kesalahan terdeteksi dengan cepat dan blog senantiasa berjalan optimal.

Mengetahui Data Traffic Secara Detail dan Akurat

Fitur Google Webmaster Tools juga memungkinkan untuk mengeksplorasi data-data penting seputar blog anda, mulai dari sumber traffic, internal dan external link, hingga keyword yang digunakan visitor untuk mengunjungi blog anda. Serangkaian data penting tersebut dapat anda gunakan sebagai rujukan dalam proses pengembangan blog agar semakin SEO friendly.

Blog Terindeks dengan Cepat

Manfaat lain menggunakan Google Webmaster Tools adalah dapat menggunakan fitur submit url. Fitur sebelumnya (https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url) telah dinonaktifkan oleh google. Praktis salah satu solusi mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan fitur “Fetch as Google”. Melalui fitur tersebut, blog maupun postingan anda dapat terindeks dengan cepat di dalam search engine.

Fitur Google Webmaster Tools

Secara umum, Google Webmaster Tools dibuat untuk melakukan monitor terhadap segala aktivitas blog. Berikut fitur-fitur Google Webmaster Tools yang perlu anda ketahui.

Halaman Awal Google Webmaster Tools

Ketika pertama login, akan ditampilkan daftar semua blog pada akun Google Webmaster Tools. Untuk mengetahui informasi penting blog anda dapat memilh salah satu dari daftar terebut. Selanjutnya akan diarahkan pada tampilan yang didalamnya terdapat beberapa menu yang terletak di sisi sebelah kanan, diantaranya :
  • Dashboard (Dasbor)
  • Message (Pesan)
  • Search Appearance (Tampilan Penelusuran)
  • Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)
  • Google Index (Indeks Google)
  • Crawl (Perayapan)
  • Security Issues (Masalah Keamanan)
  • Web Tools

Dashboard


Kelas Informatika - Dashboard Google Webmaster Tools

Halaman dashboard akan memberikan anda ringkasan seluruh informasi blog. Setidaknya terdapat 4 jenis informasi yang disajikan, yakni :
  • Message (Pesan) : notifikasi terkait blog biasanya ditampilkan pada bagian atas halaman dashboard.
  • Crawl Error : kesalahan perayapan baik dns, konektivitas server dan robot.txt disajikan pada bagian ini. Begitu pun apabila blog dalam kondisi baik (tidak terdapat kesalahan), akan menampilkan notifikasi berikut.

No errors detected in the last 90 days. Nice!
atau jika dalam Bahasa Indonesia
Tidak ada kesalahan yang terdeteksi dalam 90 hari terakhir. Bagus!
  • Search Analytics : Analisa penelusuran disajikan dalam bentuk grafik yang akan menghitung jumlah klik berdasarkan satuan waktu.
  • Sitemaps : bagian bawah halaman dashboard menampilkan jumlah URL yang telah disubmit dan jumlah URL yang telah terindeks oleh google. URL yang disubmit akan tergambar dalam grafik batang berwarna biru, sedangkan URL terindeks berwarna merah.

Message


Kelas Informatika - Message Google Webmaster Tools

Secara rutin Google Webmaster Tools berkomunikasi dengan pengelola akun melalui fitur ini. Informasi-informasi terkait keamanan blog, deteksi tautan / link tidak wajar, hingga teknik yang menyalahi aturan google akan disampaikan melalui fitur message. Melalui menu ini pula, terkadang google mengirimkan pesan apresiasi atas peningkatan performa yang telah dicapai blog anda.

Search Appearance


Kelas Informatika - Search Appearance Google Webmaster Tools

Menu search appearance memiliki beberapa sub, yakni Structured Data, Rich Cards, Data Highlighter, HTML Improvements, dan Accelerated Mobile Pages. Secara umum, fitur search appearance berfungsi untuk mengetahui reputasi blog di halaman pencarian google.

Pada fitur ini juga menyajikan informasi mengenai elemen penyempurnaan HTML, seperti halnya meta tag. Adapun salah satu sub menu bagian ini, Accelerated Mobile Pages merupakan fitur terbaru Google yang bertujuan untuk mempercepat blog anda ketika diakses melalui perangkat mobile. 

Search Traffic


Kelas Informatika - Search Traffic Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools akan melaporkan data lalu lintas pencarian yang terkait dengan blog anda secara detail. Adapun parameternya mulai dari query, keyword, click-through rate (CTR), impressions dan average position  yang mana tampilannya dapat diatur berdasarkan satuan waktu. Ini artinya anda dapat mengetahui keyword terbanyak yang digunakan visitor.

Begitupun dengan link internal dan external blog, juga dapat diidentifikasi melalui menu ini. Anda juga dapat menelusuri lebih jauh setiap link blog yang telah terindeks google dengan cara memasukkan query “link:bloganda.com.” pada halaman penelusuran google. Selain itu, fitur ini bisa melaporkan  performa blog anda ketika dibuka menggunakan perangkat berbasis mobile .

Search Traffic memiliki 6 sub menu, diantaranya Search Analytics, Link to Your Site, Internal Links, Manual Actions, International Targeting, dan Mobile Usability.

Google Index


Kelas Informatika - Google Index Google Webmaster Tools

Google Index  akan menunjukkan berbagai unsur blog yang terindeks oleh google berdasarkan satuan waktu. Selain itu anda juga dapat menghapus URL dari mesin pencari google sehingga tidak lagi terindeks, menggunakan fitur “Remove URLs”.

Berbicara tentang menghapus URL, caranya cukup mudah. Pertama masukkan URL yang ingin dihapus, klik continue. Kemudian pilih opsi penghapusan URL, apakah ingin terhapus dari mesin mesin pencari dan cache? atau hanya terhapus dari cache? 

Setelah memilih opsi penghapusan URL, google akan segera menanggapi request anda. Biasanya proses berlangsung selama 2 x 12 jam, atau hanya sehari semalam.

Crawl


Kelas Informatika - Crawl Google Webmaster Tools

Crawl terdiri dari 6 sub menu, yakni Crawl Errors, Crawl Stats, Fetch as Google, robot.txt Tester, Sitemaps, dan URL Parameters. Semua laporan error atau kesalahan pada blog akan diinformasikan pada bagian ini, mulai dari error server hingga missing page ataupun keduanya.

Google Webmaster Tools akan menghitung jumlah (tertinggi, terendah, dan rata-rata) error dan daftar error yang direpresentasikan dalam bentuk grafik, sehingga anda dapat mengetahui performa blog secara periodik.

Pada menu crawl terdapat fitur fetch as google, yang merupakan alternatif submit URL. Seperti dapat diketahui bahwa secara resmi Google telah menghapus fitur submit URL melalui alamat https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url 
sehingga fitur fetch as google menjadi salah satu jalan agar blog dan artikel anda dapat terindeks oleh Google. Meski begitu, Google memberi batasan, maksimal anda dapat submit URL sebanyak 500 kali dalam satu minggu. Sedangkan untuk submit URL dan linked pages hanya diperbolehkan sebanyak 10 kali per minggu.

Security Issues


Kelas Informatika - Security Issues Google Webmaster Tools

Apabila Google mendeteksi sebuah malware ataupun ancaman keamanan lainnya pada blog anda, maka seketika akan muncul notifikasi yang dikirimkan melalui sebuah pesan. Pesan tersebut akan menjelaskan daftar masalah keamanan yang ditautkan menuju menu security issues.

Anda juga dapat melihat bagaimana tampilan blog anda menggunakan fitur Instant Preview. Bagian ini terdiri dari 4 sub menu, antara lain Other Resources, Labs, Author Stats dan Instant Previews.

Kesimpulan

Berdasarkan serangkaian penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Google Webmaster Tools merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh para pengelola blog. Melalui tools ini pengelola blog dapat mengetahui, memantau, bahkan menjadikannya rujukan dalam mengembangkan blog agar semakin SEO friendly. Selain tidak berbayar, ragam manfaat dapat diperoleh dengan memaksimalkan penggunaan Google Webmaster Tools.

Lalu, tunggu apa lagi? segera daftar Google Webmaster Tools. Tak perlu khawatir jika bingung cara membuat akun, anda dapat membaca Panduan Membuat Akun Google Webmaster Tools. Salam 😊

2 Komentar untuk "Google Webmaster Tools : Definisi, Manfaat, dan Pengenalan Fitur Terbaru"

  1. Gan Kalo untuk pengindexan url yg diluar webmaster seperti link lain yg tidak bisa terverify google webmaster gmn cara agar cepat terindex, dulunya kan ada fitur google submit url,, setelah dihilangkan alternatif apa untuk mengganti google submit url .apa ada cara lain?? Mohon pencerahan

    BalasHapus
  2. Jika mengunjungi halaman google submit url lama, disana ada pesan :
    "To submit a URL to the Google index, either submit a sitemap or use the Fetch as Google tool."
    Artinya cara baru untuk submit url hanya dapat dilakukan melalui google webmaster tools, entah menggunakan Fetch as Google atau juga bisa dengan submit sitemap situs agan :-)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel