3 Basis Pemrograman Komputer dan Popularitasnya

3 Basis Pemrograman Komputer dan Popularitasnya - Jika kita berbicara pemrograman, hal tersebut tidak lepas dari orientasi atau basis-basis yang ada didalamnya. Dalam pemrograman terdapat 3 basis, yakni ada pemrograman berbasis desktop, pemrograman berbasis web, dan pemrograman berbasis mobile.

Kelas Informatika - 3 Basis Pemrograman


Pemrograman Berbasis Dekstop

Pemrograman berbasis desktop merupakan pemrograman yang cukup mudah, cepat, dan terbilang simple dibandingkan dengan permrograman berbasis web maupun pemrograman berbasis mobile. kita hanya membutuhkan proses penginstalan pada Dekstop PC. Setelah proses tersebut dijalankan, maka kita dapat langsung dapat mengakses program yang dimaksud  tanpa harus tersambung ke internet yang dapat menghabiskan waktu yang cukup lama.

Pemrograman Berbasis Website

Lalu ada pemrograman berbasis website, pemrograman ini haruss tersambung ke internet dan memakan waktu yang cukup lama, namun program ini bersifat open source, maksudnya program ini dapat diakses oleh masyarakat global sehingga kita dapat membuat perubahan dengan lebih mudah.

Pemrograman Berbasis Mobile

Terakhir adalah program berbasis mobile, pemrograman sedang menjadi tren pada zaman sekarang. Didalamnya terdapat android, symbian yang sedang dipakai oleh nokia, windows mobile (dulunya windows CE), dan lain sebagainya. Pemrograman ini terbilang lebih praktis dibandingkan 2 basis pemrograman diatas, namun disisi lain mayoritas pemakai pemrograman jenis ini memiliki debit sinyal yang kurang baik. 

Dari ketiga program tersebut tentunya pasti ada yang mengendalikan maupun yang memakai, keduannya dapat disebut dengan client selaku konsumen atau pemakai, dan server selaku pengendali program. Server sebagai pengendali suatu program membutuhkan software pendukung berbagai akivitas yang dijalankannya. Diantaranya ada yang dinamakan my SQL, software ini berfungsi untuk membuat data acuan atau biasa disebut dengan database. Begitupun dengan Apache, merupakan software penghubung antara server dengan client fungsinya agar interaksi antara keduanya dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Waktu pun terus berjalan, hingga akhirnya terciptalah software pendukung aktivitas server yang lain, software tersebut dinamakan dengan xampp. Dalam software tersebut sudah mencangkup mySQL maupun Apache, selain itu xampp ini juga dapat membantu kita untuk menjalankan intranet.

Popularitas Software Pemrograman


Kelas Informatika - Quote Pemrograman

Software pemrograman merupakan salah satu instrumen untuk membangun sebuah sistem aplikasi. Popularitas software pemrograman dapat dilihat dari seberapa banyak pengguna yang memanfaatkannya. Berbagai cara dapat dilakukan guna mengetahui hal tersebut, salah satunya adalah dengan melihat data hasil survey. Dilansir dari situs stack overflow, setidaknya ada 10 teknologi atau bahasa pemrograman yang populer digunakan di seluruh dunia. Javascript menempati urutan pertama dengan prosentase pengguna hingga menembus 85,3%. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa javascript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat disisipkan ke dalam kode HTML. Selanjutnya di urutan kedua ditempati oleh SQL, dengan 58,9% pengguna dari berbagai belahan dunia. Berikut ini daftar hasil survey pengguna software pemrograman selengkapnya.

Kelas Informatika - Survey Popularitas Bahasa Pemrograman


Javascript juga menjadi peringkat teratas dalam data hasil survey pengguna bahasa pemrograman yang menjadi isu pada situs stack overflow dengan total sebanyak 62.588 pengguna, mengungguli para pengguna java yang berada pada posisi kedua dengan jumlah pengguna sebanyak 55.134 orang. Berikut ini disajikan data hasil survey pengguna bahasa pemrograman yang paling banyak menjadi isu serta topik diskusi pada situs stack overflow.

Kelas Informatika - Survey Isu Pemrograman Populer


Pada prakteknya, para sebagian besar developer menerapkan lebih dari 1 bahasa pemrograman untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Korelasi antar bahasa pemrograman yang digunakan bertujuan agar konsep client - server dalam sistem aplikasi dapat dibangun dan dikendalikan dengan lebih mudah dan terstruktur. Berdasarkan survey yang dilakukan stack overflow, dapat diperoleh fakta bahwa Javascript dan SQL merupakan 2 kombinasi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para developer dengan prosentase pengguna sebanyak 30,7% disusul Javascript dan PHP dengan jumlah pengguna 20,1%. Data hasil survey penggunaan korelasi 2 bahasa pemrograman selengkapnya disajikan pada grafik berikut.


Kelas Informatika - Survey Kolaborasi Pemrograman


Penutup 

Dapat ditarik beberapa kesimpulan dari penjelasan di atas, diantaranya
  • Javascript merupakan bahasa pemrograman terpopuler di dunia saat ini. Bahkan prosentase pengguna yang memanfaatkannya hingga menyentuh 85,3%.
  • Pemrograman berbasis website adalah basis pemrograman yang sedang menjadi tren jika dibandingkan dengan pemrograman berbasis desktop dan mobile. Mengapa demikian? Hal ini tentu berdasarkan hasil survey yang menunjukkan dominasi javascript di urutan teratas. Perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich ini dapat bekerja di sebagian besar browser seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode javascript juga dapat disisipkan dalam halaman web, sehingga bahasa pemrograman ini identik dengan jenis pemrograman berbasis website.
  • SQL atau Struktur Query Language merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak berasosiasi dengan javascript. Tujuannya agar dalam membangun sistem aplikasi yang kompleks menjadi lebih mudah dan terstruktur, seperti halnya aplikasi client-server.
  • Pemrograman berbasis website dapat diasumsikan sebagai jenis pemrograman yang lebih banyak dibutuhkan, baik ruang lingkup pendidikan hingga professional (pekerjaan). Hal ini mengingat hasil survey stack overflow yang menunjukkan tingginya angka pengguna bahasa pemrograman berbasis desktop, khususnya javascript.

Sekian penjelasan tentang 3 Basis Pemrograman Komputer dan Popularitasnya. Semoga dapat menjadi tambahan referensi bagi para developer, praktisi, mahasiswa teknik informatika, maupun anda yang baru belajar pemrograman. Jika ada pertanyaan, koreksi, dan hal-hal yang saya lewati silahkan meninggalkan komentar. Salam 😊

1 Komentar untuk "3 Basis Pemrograman Komputer dan Popularitasnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel