Mengenal IDE Borland Delphi Serta Praktek Membuat Program Sederhana

Mengenal IDE Borland Delphi Serta Praktek Membuat Program Sederhana - Borland delphi adalah salah satu bahasa pemrograman yang perlu anda lewati untuk memulai belajar pemrograman. Borland Delphi memiliki interface editor dan compiler yang ber-antarmuka grafis, sehingga menjadi lebih mudah apabila ingin membuat interface sebuah aplikasi. 

Kelas Informatika - Pemrograman Delphi

Setidaknya ada 4 pertanyaan yang dapat anda jawab melalui tulisan ini, diantaranya :
  • Apa saja bagian ruang lingkup IDE (Integrated Development Environment) borland delphi?
  • Bagaimana membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan borland delphi?
  • Bagaimana cara membuat interface program aplikasi dengan menggunakan borland delphi?
  • Apa saja komponen-komponen yang terdapat pada borland delphi?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijelaskan lengkap dengan tutorial praktek membuat program aplikasi sederhana agar lebih mudah dipahami, tentunya dengan menggunakan borland delphi.

IDE (Integrated Development Environment) Borland Delphi

Borland delphi memiliki interface editor dan compiler yang di dalamnya terdapat beberapa komponen, diantaranya: Speed Bar, Component Palette, Form Properties, dan Kode Editor. Masing-masing komponen memiliki beberapa tools dan memiliki fungsi yang berbeda.

Kelas Informatika - Speedbar dan Component Palette

Komponen speed bar berisi navigasi untuk mengoperasikan borland delphi. Beberapa tools yang menjadi bagian dari speed bar adalah compile, save project, dan lain-lain. Sedangkan pada component palette berisi tools yang berfungsi untuk mendesain program aplikasi yang akan anda buat. Cara mudah untuk mengetahui masing-masing nama tools dalam sebuah komponen adalah dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang ingin anda ketahui namanya lalu diamkan beberapa saat, maka kemudian akan muncul hint (keterangan tools) tersebut.

Speed Bar

Speed bar merupakan komponen terpenting dalam borland delphi. Speed bar atau yang biasa juga disebut toolbar berisi kumpulan tombol yang tidak lain adalah pengganti beberapa item menu. Speed bar berfungsi sebagai main menu, tetapi pada speed bar yang ditampilkan hanya berupa icon. Sebagian orang juga mengatakan bahwa setiap tombol pada speed bar berperan untuk menggantikan salah satu item menu.

Kelas Informatika - Speedbar

Terdapat 16 tools yang menjadi bagian dari speed bar yaitu : new, open, save, save all, open project, add file to project, remove file from project, help, step over, trace into, stop, run, new form, toggle form, view form, dan view unit. Detail fungsi dari masing-masing tools tersebut adalah sebagai berikut :
  • New berfungsi untuk menambahkan item baru pada project yang sedang aktif atau project yang sedang dibuka
  • Open berfungsi untuk membuka file atau project
  • Save berfungsi untuk menyimpan unit, form atau project yang sedang aktif
  • Save All berfungsi untuk menyimpan semua project beserta unit dan form
  • Open Project berfungsi untuk membuka project yang sudah pernah dibuat dan disimpan
  • Add File to Project berfungsi untuk menggabungkan file berekstensi (.pas) pada project yang sedang aktif
  • Remove File from Project berfungsi untuk me-remove atau memindahkan file berekstensi (.pas) yang berada pada project yang sedang aktif
  • Help berfungsi untuk melihat dan mendapatkan bantuan
  • Step Over berfungsi untuk debugging kode program perbaris
  • Trace Into berfungsi untuk debugging code program perbaris
  • View Unit berfungsi untuk menampilkan unit yang terdapat pada sebuah project
  • New Form berfungsi untuk membuat sebuah form baru pada project yang sedang aktif
  • View Form berfungsi untuk menampilkan form pada suatu project
  • Toggle Form berfungsi untuk berpindah dari modul form (desain) ke modul unit (kode) ataupun sebaliknya
  • Run (F9) berfungsi untuk menjalankan program (selain menekan tombol run, bisa juga dengan menekan F9)
  • Stop berfungsi untuk menghentikan program yang sedang dijalankan

Form

Form adalah salah satu komponen yang terdapat dalam suatu project. Form dapat digunakan untuk mendesain interface program aplikasi yang akan anda buat. Melalui komponen ini pula, anda dapat menempelkan komponen yang berada pada component palette. Form juga dapat didefinisikan sebagai sebuah media yang telah disediakan borland delphi untuk merancang interface program aplikasi.

Kelas Informatika - Form Delphi

Code Editor

Code editor berfungsi untuk menambahkan notasi sintaksis sekunder berupa teks kode program. Pada code editor anda dapat menuliskan kode program yang tergabung menjadi satu kesatuan dalam program aplikasi yang anda buat. 

Kelas Informatika - Code Editor Delphi

Object Inspector

Object inspector juga merupakan bagian dari borland delphi yang tak kalah pentingnya. Pada object inspector berisi dua tab, pertama adalah tab properties yang berfungsi untuk customize atau mengatur form dan komponen yang terpasang pada interface program aplikasi. Tab kedua adalah events, events digunakan untuk mengisi suatu kejadian (event) pada form ataupun komponen yang anda gunakan.

Kelas Informatika - Object Inspector Delphi

Praktek Membuat Program Aplikasi Sederhana

Agar lebih memahami cara menggunakan borland delphi, alangkah baiknya jika anda mengikuti langkah-langkah yang telah kami disusun. Tujuannya tentu untuk mempraktekkan cara membuat program aplikasi, jadi anda dapat mencobanya secara langsung dengan mengikuti tutorial kami. Silahkan mulai dengan membuka software borland delphi terlebih dahulu. 

Kelas Informatika - Desain Interface Delphi


Selanjutnya, untuk membuat program aplikasi baru bisa dilakukan dengan cara yang dijelaskan dibawah ini.
  1. Setelah borland delphi telah dibuka, biasanya sudah dalam keadaan siap pakai (ready to use). Artinya aplikasi baru sudah aktif. Apabila anda ingin membuat aplikasi baru namun pada saat itu sudah ada aplikasi lain yang terbuka, maka caranya adalah dengan Pilih File >> New Application.
  2. Rancanglah aplikasi baru yang akan anda buat dengan mendesain form aplikasi yang telah muncul  di lembar kerja. Kemudian silahkan anda coba modifikasi, dengan mengubah propertiesnya.
  3. Klik pada label tersebut (Klik label1), lalu akan muncul kotak dialog object inspector. Pada object inspector, Tab Properties >> Caption gantilah dari label1 menjadi “Masukan Nama Anda” (Tanpa tanda petik).
  4. Klik tombol yang terdapat pada form (Klik Button1), lalu akan muncul kotak dialog object inspector. Pada object inspector, Tab Properties >> Caption juga ganti menjadi “Ok” (Tanpa tanda petik).
  5. Kemudian pada form, klik pada bagian form yang kosong. Lalu akan muncul kembali kotak dialog object inspector. Pada object inspector, Tab Properties >> Caption ganti menjadi “Haloo” (Tanpa tanda petik).
Setelah selesai, coba jalankan programnya dengan cara menekan (klik) tombol run yang terdapat pada menu speed bar. Cara lain yang lebih cepat bisa dilakukan dengan menekan (klik) tombol F9 yang terdapat pada baris teratas keyboard anda.
Apabila semua tahapan diatas berhasil dilakukan, maka setelah program dijalankan (run) maka jendela aplikasi akan muncul.
Selanjutnya kita akan kembali mencoba memodifikasi program tersebut. Skenarionya, ketika anda memasukkan sebuah nama dan menekan (klik) tombol Ok, maka program tersebut akan menyapa nama yang telah di masukkan. Nantinya pada panel1 akan menampilkan tulisan yang menyapa nama yang telah di masukkan (input) pada text field atau text edit. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Klik 2 kali (double click) pada tombol (button) Ok, kemudian akan muncul source code seperti berikut
procedure TForm1.Button1Click(Sender:TObject);  
begin  
Isikan Kode Disini  
end;
  • Isikan kode program berikut pada baris ketiga (antara begin dan end)
Panel1.Caption:=’Halo.. Apa Kabar ’+edit1.Text
  • Sedangkan kode yang terdapat pada baris ke-1, ke-2, dan ke-4 jangan dihapus ataupun dirubah. Setelah kode program anda masukkan, kode akan bertambah dari semula menjadi
procedure TForm1.Button1Click(Sender:TObject); 
begin 
Panel1.Caption:=’Halo.. Apa Kabar ’+edit1.Text 
end;
  • Terakhir silahkan coba jalankan (run) program yang telah dimodifikasi tadi
  • Ketika jendela aplikasi telah muncul, cobalah ketik “Sofi” text field atau text edit dan tekan tombol (button) Ok. 
Apabila pada panel1 memunculkan tulisan “Halo.. Apa Kabar Sofi”, berarti langkah-langkah yang telah anda lakukan telah benar dan berhasil dijalankan. Sekian tulisan kali ini yang memuat tentang Pengenalan IDE Borland Delphi Dilengkapi dengan Praktek Membuat Program Sederhana. Semoga dapat membantu anda yang baru memulai belajar pemrograman, khususnya borland delphi. Salam 😊

Belum ada Komentar untuk "Mengenal IDE Borland Delphi Serta Praktek Membuat Program Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel