Laporan Praktikum Basis Data Lengkap

Laporan Praktikum Basis Data Lengkap - Database atau basis data merupakan hal penting dalam dunia pemrograman. Sebuah aplikasi yang ditunjang oleh database (pemodelan, konsep relasi, dan pengelolaan) akan membuatnya menjadi aplikasi yang powerful. Bahkan sebuah aplikasi dapat membuat keputusan (decision making) ataupun informasi-informasi baru berdasarkan database yang ditanamkan didalamnya sehingga berkembanglah metode-metode kecerdasan buatan (artificial intelligence) seperti saat ini. Banyak model database server yang digunakan para developer, beberapa diantaranya seperti SQL, PostgreSQL, Oracle, dan yang sejenisnya.

Kelas Informatika - Laporan Praktikum Basis Data Lengkap


Berdasar kepada hal itu, maka tak lagi heran apabila jurusan yang satu rumpun pengetahuan dengan informatika (Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dsb.) menentukan database sebagai mata kuliah wajib. Hampir semua mata kuliah database memiliki beban kredit rata-rata sebesar 3 SKS, sebagian diantaranya menjadi prasyarat untuk mengambil mata kuliah lanjutan. Bahkan di tingkat SMK sederajat khususnya pada jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), sebagian besar telah diajarkan ilmu database.

Kelas Informatika telah menghimpun beberapa kurikulum jurusan yang satu rumpun dengan informatika, seperti yang dapat dilihat pada tabel berikut.

Institusi Kurikulum Program Studi Mata Kuliah Beban Studi
Institut Teknologi Bandung 2013-2018 S1 Teknik Informatika Basis Data 3 SKS
Manajemen Basis Data 3 SKS
Teknologi Basis Data 3 SKS
Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2014-2019 S1 Sistem Informasi Pengantar Basis Data 3 SKS
Desain Basis Data 4 SKS
Manajemen dan Administrasi Basis Data 3 SKS
Universitas Airlangga - S1 Sistem Informasi Basis Data 3 SKS
Sistem Basis Data 3 SKS
Teknologi Basis Data 3 SKS

Dari 3 sampel yang telah diambil setidaknya dapat memberi gambaran urgensi pengetahuan seputar database pada jurusan yang satu rumpun dengan informatika.

Disini Kelas Informatika secara khusus akan membahas mengenai laporan praktikum database, tepatnya pada praktikum desain basis data yang sering menjadi momok yang menakutkan bagi para mahasiswa. Banyak mahasiswa informatika yang mengeluhkan pembuatan laporan selepas praktikum desain basis data. 

Laporan praktikum desain basis data yang akan dibagikan kali ini didapatkan dari arsip penulis ketika masih menempuh studi teknik informatika di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun database server yang digunakan adalah postgreSQL.

Laporan praktikum secara umum membahas teori yang terkait dengan modul praktikum disertai tutorial percobaan yang dilengkapi dengan tangkapan layar (screenshot) dan analisanya. Jumlah praktikum keseluruhan adalah 10 kali tatap muka, yang berarti terdapat 10 dokumen laporan praktikum yang akan penulis bagikan. Bagian akhir praktikum (Praktikum 9 dan 10) merupakan implementasi database pada proses pembuatan aplikasi sehingga keterkaitan pemodelan database dan pembangunan software mulai terlihat. Selanjutnya akan dijelaskan beberapa bagian pada laporan praktikum :
  • BAB I merupakan pendahuluan laporan yang menjelaskan mengenai maksud, tujuan serta manfaat praktikum. Dapat dikatakan bahwa pada BAB I menjelaskan mengenai dasar pelaksanaan praktikum.
  • BAB II mengulas seputar teori atau pengetahuan yang akan dijadikan sebagai dasar untuk melaksanakan praktik dan mengimplementasikan modul. Jika melihat sistematika penulisan ilmiah pada umumnya, pada BAB II biasa disebut kajian pustaka, tinjauan pustaka, dsb.
  • BAB III akan menyampaikan dokumentasi hasil percobaan di laboratorium. Sehingga segala pekerjaan selama praktikum dapat kembali dipelajari dengan membuat dan membaca kembali laporan praktikum.
  • BAB IV merupakan penyelesaian tugas praktikum. Pada akhir kegiatan praktikum, biasanya laboran memberikan soal hingga studi kasus yang harus diselesaikan dan turut disertakan dalam laporan praktikum. Beberapa penyelesaian tugas praktikum juga berdasar pada soal maupun studi kasus yang tertera pada modul.
  • BAB V berisi tentang kesimpulan dari serangkaian praktikum dan penyelesaian studi kasus yang telah dilakukan. Pada bab ini juga disampaikan kritik dan saran kegiatan praktikum sebagai bahan evaluasi.
  • Daftar Pustaka menjadi bagian akhir dari laporan praktikum. Pada umumnya daftar pustaka merupakan sumber-sumber yang ditulis pada bagian dasar teori.

Kelas Informatika berbaik hati membagikan kesemua laporan praktikum dengan tujuan sebagai tambahan referensi bagi kalian yang sedang menempuh studi di jurusan teknik informatika, ataupun jurusan lain yang berkaitan. Detail 10 kegiatan praktikum berikut link laporan praktikum desain basis data dapat diperoleh pada daftar berikut.


Pertemuan Materi Laporan Praktikum
Praktikum ke-1 Pengenalan dan Instalasi DBMS Klik Disini
Praktikum ke-2 Pembuatan dan Manajemen Tabel Klik Disini
Praktikum ke-3 Perintah Dasar SQL Klik Disini
Praktikum ke-4 Pengenalan Operator Dasar Klik Disini
Praktikum ke-5 Normalisasi Database Klik Disini
Praktikum ke-6 Agregasi SQL dan View Klik Disini
Praktikum ke-7 Koneksi Database Klik Disini
Praktikum ke-8 PL/PGSQL dan Triger Klik Disini
Praktikum ke-9 Koneksi POstgreSQL Klik Disini
Praktikum ke-10 Pembuatan Laporan dengan IReport Klik Disini

Jika dirasa bermanfaat, mohon berkenan memberi apresiasi dengan mengikuti Fanspage Kelas Informatika serta jangan lupa untuk selalu update pengetahuan seputar informatika dengan mengunjungi blog Kelas Informatika.

Demikian postingan kali ini yang secara khusus membahas serta membagikan Laporan Praktikum Basis Data. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran pada kolom komentar ya. Salam 😊

Belum ada Komentar untuk "Laporan Praktikum Basis Data Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel