Contoh Sistem Informasi Menggunakan Java dan PosgreSQL

Contoh Sistem Informasi Menggunakan Java dan PosgreSQL - Pada era teknologi informasi seperti saat ini, sistem informasi telah menyentuh hampir ke semua aspek kehidupan manusia. Banyak contoh sistem informasi yang dapat kita temukan, sebagai tambahan referensi sekaligus studi kasus, kali ini Kelas Informatika akan membahas contoh penerapan sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman java dan postgreSQL sebagai sistem database. Adapun sistem yang akan dibangun kali ini adalah sistem informasi mabna ibnu rusydi. Terlebih dahulu akan dijelaskan asal usul pembuatan program ini (sistem informasi mabna ibnu rusydi).

Mabna ibnu rusydi merupakan sebuah gedung pondok mahasiswa yang terdapat di kompleks kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Nama ibnu rusydi sendiri diambil dari sebuah nama tokoh islam terkemuka. Sementara itu tujuan pembuatan sistem informasi ini adalah guna mempermudah pengelolaan data yang terkait dengan mabna ibnu rusydi.

Proses pembangunan program akan dijelaskan dimulai dari  perancangan sistem yang meliputi ERD (Entity Relationship Diagram), pembuatan basis data dan desain interface. Sementara itu tahapan implementasi akan menjelaskan tentang source code program serta analisa pembuatan program, dalam hal ini adalah sistem informasi mabna ibnu rusydi.

Perancangan Sistem Informasi Mabna Ibnu Rusydi

Entity Relationship Diagram (ERD)

Entity Relationship Diagram akan menunjukkan hubungan antar entitas satu dengan lainnya dalam sebuah sistem. Pada Entity Relationship Diagram juga akan menunjukkan daftar atribut serta jenis relasinya. Struktur tabel basis data merupakan representasi dari Entity Relationship Diagram. Adapun Entity Relationship Diagram sistem informasi mabna ibnu rusydi adalah seperti gambar berikut.



Keterangan:

  • Setiap mahasantri yang didalamnya terdapat data NIM, nama, nomor kamar yang mereferensi dari tabel kamar, jurusan yang mereferensi dari tabel jurusan, tempat tanggal lahir, alamat, asal sekolah dan dampingan mempunyai inventaris yang digunakan sebagai fasilitas mabna ibnu rusyd dan juga mempunyai kegiatan yang wajib di ikuti, serta mempunyai musyrif sebagai pendampingnya selama berada di mabna.
  • Setiap musyrif yang didalamnya terdapat data nomor / kode musyrif, nama, dan kamar yang mengambil dari tabel musyrif 1 kemudian jurusan yang mereferensi dari tabel musyrif 2 serta jabatan yang mengambil dari tabel musyrif 3, mempunyai 3 elemen pula. yakni inventaris seperti halnya mahasantri lainnya, kegiatan sebagai pengelola sekaligus menjadi penanggung jawab didalamnya serta mahasantri sebagai anak asuhannya.
  • Inventaris sendiri meliputi kode barang, nama barang, jumlah, serta kondisi barang di miliki oleh musyrif dan mahasantri sebagai pemilik hak pakai atas barang tsb.
  • Terakhir ada kegiatan yang didalamnya terdapat nomor / kode kegiatan, nama kegiatan, waktu, dan penanggung jawab wajib diikuti oleh seluruh mahasantri maupun musyrif selaku penanggung jawab atas kegiatan tersebut.


Struktur Tabel

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai struktur tabel yang akan dibuat berdasarkan rancangan Entity Relationship Diagram (ERD). Untuk meminimalisir terjadinya redudansi maupun galat data ketika ada interaksi, maka disini kami telah melakukan normalisasi hingga bentuk normal ke-3 (3NF) dengan hasil seperti pada gambar berikut ini:

Tabel Pengguna


Kelas Informatika - Struktur Tabel Pengguna

Pertama adalah tabel pengguna, didalamnya terdiri dari nama dengan tipe data varchar, serta password dengan tipe data integer. Tabel ini nantinya akan digunakan sebagai user dan password ketika muncul kotak dialog login pada saat program dijalankan. Dengan kata lain tabel pengguna ini digunakan untuk menempatkan data server yang nantinya akan mengelola program ini.

Tabel Mahasantri

Dalam tabel ini telah dilakukan normalisasi hingga bentuk normal ke-3 (3NF) sehingga terpecah kembali menjadi 3 tabel. Yang pertama adalah tabel jurusan. Didalamnya terdiri dari jur_id dengan tipe data integer dan bersifat primary key serta jur_nama yang merepresentasikan nama jurusan dengan tipe data varchar.

Kelas Informatika - Struktur Tabel Mahasantri

Kemudian juga ada tabel kamar yang didalamnya hanya terdiri dari 1 entitas yaitu kmr yang merepresentasikan nomor kamar dengan tipe data integer.


Kelas Informatika - Struktur Tabel Kamar

Terakhir ada tabel mahasantri. didalamnya terdapat NIM dengan tipe data integer dan bersifat primary key, nama dengan tipe data varchar, kamar dengan tipe data integer yang merujuk dari tabel kamar, jur_id dengan tipe data integer dan bersifat foreign key pula yang merujuk ke tabel jurusan, alamat dengan tipe data varchar sengaja kami tidak menggunakan text karena disini kami hanya menampilkan kota dari alamat masing-masing mahasantri, kemudian dalam tabel ini juga terdapat asal_sekolah dengan tipe data varchar serta dampingan dengan tipe data varchar.


Kelas Informatika - Struktur Tabel Mahasantri


Tabel Musyrif

Seperti halnya pada tabel sebelumnya, pada tabel ini pula dilakukan penormalisasian hingga bentuk normal ke-3 (3NF), untuk menghindari galat maupun redudansi data. Hingga akhirnya data kembali terpecah menjadi 3 tabel, yaitu sebagai berikut:

Yang pertama adalah tabel data_musyrif1 yang berisi nomor dengan tipe  data integer dan bersifat primary key, nama dengan tipe data varchar, dan kamar denga tipe data varchar.


Kelas Informatika - Struktur Tabel Data Musyrif 1

Kemudian juga ada tabel data_musyrif2 yang berisikan nomor dengan tipe data integer dan  mereferensi terhadap tabel data_musyrif2, serta tabel jurusan dengan tipe data varchar.

Kelas Informatika - Struktur Tabel Data Musyrif 2

Terakhir adalah data_musyrif3 yang didalamnya terdapat nomor dengan tipe data integer dan juga bertindak sebagai foreign key dengan merujuk terhadap tabel data_musyrif1, yang kedua adalah entitas jabatan dengan tipe data varchar.

Kelas Informatika - Struktur Tabel Data Musyrif 3

Tabel Barang

Pada tabel ini merepresentasikan inventaris yang terdapat di mabna ibnu rusyd sekaligus menjadi fasilitas pada mabna tersebut. Didalam tabel ini terdapat  4 atribut. Diantaranya adalah kode_brg dengan tipe data integer dan bersifat primary key, lalu nama_brg dengan tipe data varchar, jumlah dengan tipe data integer, serta kondisi dengan tipe data varchar.

Kelas Informatika - Struktur Tabel Barang

Tabel Kegiatan

Dalam tabel kegiatan ini merupakan tabel yang digunakan untuk mendata beberapa program rutin yang dikelola  secara internal oleh musyrif mabna. Didalamnya terdapat no yang merepresentasikan nomor dengan tipe data integer dan bersifat primary key, nama_kegiatan dengan tipe data varchar, waktu dengan tipe data varchar serta penanggung_jawab dengan tipe data varchar.

Kelas Informatika - Struktur Tabel Kegiatan

Tabel Keseluruhan

Berikut  ini akan kami tampilkan kembali beberapa tabel yang telah kami buat. Secara keseluruhan sistem informasi mabna ibnu rusydi terdiri dari 5 tabel pengguna, tabel mahasantri yang dinormalisasi hingga menjadi 3 tabel yaitu tabel mahasantri, jurusan, dan kamar. Kemudian ada tabel musyrif yang juga melalui proses normalisasi sehingga menjadi 3 tabel diantaranya adalah data_musyrif1, data_musyrif2, dan data musyrif3. Sisanya adalah tabel barang dan tabel kegiatan. Selengkapnya kita lihat pada daftar struktur tabel gambar berikut:

Kelas Informatika - Struktur Tabel Sistem Informasi Mabna Ibnu Rusydi


Interface

Sistem informasi mabna ibnu rusydi memiliki 7 interface yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Dalam proses ini kami menggunakan fitur GUI Builder yang terdapat dalam netbeans IDE. Berikut akan kami jabarkan ketujuh interface tersebut:

Loading

Pada interface ini akan menampilkan fungsi load data sekaligus mempersiapkan data-data yang akan ditampilkan dan menjadi bagian dari Sistem Informasi mabna ibnu rusydi. 

Kelas Informatika - Interface Loading

Kotak Dialog Login

Selanjutnya ada kotak dialog login yang didalmnya terdiri dari 2 JLabel yang didalamnya bertuliskan sistem informasi mabna dan ibnu rusyd serta 2 Jbutton, yakni button login dan button exit yang digunakan untuk keluar dari program.

Kelas Informatika - Interface Kotak Dialog Login

Form Login

Kemudian ada form login yang didalamnya terdiri dari 4 JLabel, 2 serupa dengan desain sebelumnya, sedangkan sisanya adalah yang bertuliskan user name dan juga password. juga ada JTextField yang digunakan untuk mengisi data berdasarkan 2 JLabel disampingnya. Terakhir adalah 2 JButton, yaitu button login dan keluar dengan desain berbeda namun tetap memiliki fungsi yang sama dengan kedua tombol yang terdapat pada kotak dialog Login

Kelas Informatika - Interface Form Login

Menu Utama

Menu utama adalah main interface dari program ini dimana, pada form ini seorang user akan diarahkan kemana saja yang user inginkan. Didalamnya terdiri dari 8 JLabel, 2 memiliki fungsi yang sama seperti desain sebelumnya, 2 merepresentasikan tanggal hari ini (sebelah kiri) dan juga yang merepresentasikan jam (sebelah kanan). Dan 4 lainnya sebagai pendukung dari button view, yaitu mahasantri, musyrif, kegiatan, dan barang. Kemudian juga ada tombol exit yang berfungsi untuk keluar dari program. Untuk memperindah tampilan, maka kami beri background warna biru yang ditopang dengan JPanel yang berisi logo dari mabna ibnu rusyd. Berikut hasil yang diperoleh untuk proses ini.

Kelas Informatika - Interface Menu Utama


Form Mahasantri

Selanjutnya adalah form mahasantri, dimana pada form ini terdapat JLabel sebanyak 9 elemen. 1 sebagai judul yang tepat berada di tengah atas jendela. Sisanya sebanyak 8 elemen digunakan sebagai pendukung 8 JTextField, di antaranya adalah NIM, nama, kamar, jurusan, tempat tanggal lahir, alamat, asal sekolah dan dampingan. Kemudian juga ada JTabel yang digunakan untuk merepresentasikan data terkait. Lalu JButton sebanyak 6 buah. Pertama adalah button insert yang digunakan untuk menginputkan data, delete untuk menghapus data, update untuk mengubah atau memperbaharui data, search untuk mencari, tampil untuk menampilkan data secara keseluruhan, serta tombol exit untuk keluar dari program. Kemudian juga terdapat dua JPanel yang digunakan untuk menempelkan logo serta digunakan untuk tempat 8 JLabel yang digunakan user untuk mengisi data beserta JTextFieldnya.

Kelas Informatika - Interface Preview Data Mahasantri

Form Musyrif

Form ini berisi data-data musyrif, yang merupakan pengurus, dan penanggung jawab mabna ini, didalamnya terdapat beberapa elemen diantaranya adalah JLabel yang digunakan untuk judul Form, JTabel yang digunakan untuk merepresentasikan tabel terkait, 2 button yakni button tampilkan yang digunakan untuk menampilkan data, serta tombol back yang berfungsi untuk kembali ke form utama serta JPanel yang digunakan untuk memberi background.

Kelas Informatika - Interface Preview Data Musyrif

Form Kegiatan

Form ini tidaklah jauh berbeda dengan form sebelumnya (form musyrif). Didalamnya juga terdapat beberapa elemen yang cukup mirip, diantaranya adalah JLabel yang digunakan untuk judul Form, JTabel yang digunakan untuk merepresentasikan tabel terkait, 2 button yakni button tampilkan yang digunakan untuk menampilkan data, tombol back yang berfungsi untuk kembali ke form utama serta JPanel yang digunakan untuk memberikan background.

Kelas Informatika - Interface Preview Data Kegiatan

Form Barang

Terakhir adalah form barang yang berisi inventaris atau fasilitas yang dimiliki oleh mabna ini. Didalamnya terdapat 5 JLabel, 1 digunakan sebagai judul, 4 digunakan sebagai pendukung 3 JTextfield dan sebuah radio button. Kemudian juga ada JTabel yang digunakan untuk merepresentasikan data terkait. Lalu JButton sebanyak 6 buah. Pertama adalah button insert yang digunakan untuk menginputkan data, delete untuk menghapus data, update untuk mengubah atau memperbaharui data, search untuk mencari, tampil untuk menampilkan data secara keseluruhan, serta tombol exit untuk keluar dari program. Kemudian juga terdapat dua JPanel yang digunakan untuk menempelkan logo serta digunakan untuk tempat 8 JLabel yang digunakan user untuk mengisi data beserta JTextFieldnya.

Berikut ini adalah tampilan dari form data barang yang telah kami buat. Didalamnya masih tidak ada aksi dari setiap elemen yang terdapat pada form ini.

Kelas Informatika - Interface Preview Data Barang

Kelas Informatika telah menghimpun source code sistem informasi mabna ibnu rusydi dapat di download pada link dibawah ini.


Kelas Informatika - Download Source Code Sistem Informasi Mabna Ibnu Rusydi

Demikian tulisan kali ini yang membahas tentang Contoh Sistem Informasi Menggunakan Java dan PosgreSQL. Semoga bermanfaat, Salam 😊

Belum ada Komentar untuk "Contoh Sistem Informasi Menggunakan Java dan PosgreSQL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel