Cara Cepat Daftar dan Verifikasi Akun Google Webmaster Tools 2020

Cara Cepat Daftar dan Verifikasi Akun Google Webmaster Tools - Google Webmaster Tools merupakan salah satu senjata penting untuk meningkatkan kualitas SEO. Banyak Fitur Google Webmaster Tools yang dapat kamu gunakan agar tampilan blog menjadi lebih optimal. Tujuannya.. tentu agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung serta menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lalu pertanyaannya, dari mana kita harus memulai?


Kelas Informatika - Cara Cepat Daftar dan Verifikasi Akun Google Webmaster Tools

Beberapa fitur Google Webmaster Tools dapat kamu gunakan dengan syarat harus mempunyai akun terlebih dahulu. Tulisan kali ini akan memandu kamu untuk membuat akun Google Webmaster Tools.

Langkah pertama, kunjungi Google Webmaster Tools terlebih dahulu. Kemudian disebelah pojok kanan atas, klik tombol masuk (yang berwarna biru)

Kelas Informatika - Beranda Google Webmaster Tools

Kedua, silahkan login menggunakan gmail kamu. Masukkan alamat email dan password pada form yang telah disediakan. Jika kamu pernah menggunakan akun gmail, biasanya akan muncul pilihan akun sehingga kamu cukup klik akun yang ingin digunakan dan masukkan password. Namun jika kamu ingin menggunakan akun yang tidak ada dalam daftar, cukup klik Gunakan akun yang lain.


Kelas Informatika - Pilih Akun Gmail

Jika alamat gmail dan password yang dimasukkan sudah benar, kamu akan masuk pada halaman awal Google Webmaster Tools. Sekilas tampilannya hampir sama seperti pada saat pertama kali mengunjungi Google Webmaster Tools (sebelum login). Namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara keduanya :


Kelas Informatika - Beranda Google Webmaster Tools

  1. Pada sisi pojok kanan atas. Semula menampilkan tombol masuk (berwarna biru), kini menampilkan foto profil akun gmail.
  2. Sebelah kiri atas. Semula hanya menampilkan 1 menu (Beranda), sekarang bertambah menjadi 3 menu, yakni Beranda, Semua Pesan, dan Web Tools.
  3. Tampilan input form baru di tengah-tengah konten yang berfungsi untuk menambahkan properti (alamat blog / situs).

Silahkan tambahkan alamat website secara lengkap, pada form input properti yang terdapat di tengah-tengah konten. Sebagai tips, kamu dapat membuka tab baru dan mengunjungi halaman awal blog / situs. Kemudian pada address bar, copy alamat url dan paste pada field input Google Webmaster Tools.


Kelas Informatika - Input Properti Google Webmaster Tools

Jika berhasil, maka akan diarahkan ke halaman berikutnya. Kamu diperintahkan untuk melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa alamat url yang telah diinputkan memang benar-benar situs milik kamu. Metode verifikasi yang ditawarkan Google Webmaster Tools terdiri dari 5 cara, yakni :

  1. Menggunakan akun Google Analytics
  2. Mengupload file HTML di situs kamu
  3. Menambahkan meta tag pada halaman awal situs
  4. Menggunakan akun Google Tag Manager
  5. Menggunakan Domain Name Provider

Pada bagian ini kamu dapat memilih metode verifikasi yang paling banyak digunakan, yakni HTML tag (opsi ke-3). Seperti yang telah dijelaskan, metode HTML tag dilakukan dengan menambahkan meta tag pada halaman awal situs / blog.

Caranya cukup mudah, setelah kamu pilih opsi HTML tag kemudian akan muncul script meta tag yang telah di generate oleh google. Blok script meta tag, lalu copy.

Kelas Informatika - Verifikasi Google Webmaster Tools Metode HTML Tag

Selanjutnya pilih new tab dan masuk ke alamat blogger >> pilih theme >> klik edit HTML

Lalu pada halaman edit template, silahkan klik di dalam kotak editor sehingga kursor terletak di area tersebut. Kemudian cari kode <head>, kamu dapat menekan CTRL+F untuk menggunakan fungsi pencarian. Apabila telah ditemukan, paste script meta tag Google Webmaster Tools tadi dibawah kode <head>. Jangan lupa klik Save theme untuk menyimpan perubahan.

Kelas Informatika - Menambahkan Meta Tag Google Webmaster Tools

Berikutnya, kembali lagi ke halaman Google Webmaster Tools. Secara otomatis akan muncul notifikasi berikut.
Congratulations, you have successfully verified your ownership of http://alamatsituskamu.blogspot.com
Pesan tersebut menandakan bahwa proses verifikasi akun Google Webmaster Tools telah berhasil dilakukan. Selanjutnya dibawah notifikasi, klik Continue. Lalu kamu akan diarahkan ke halaman beranda Google Webmaster Tools.

Kelas Informatika - Verifikasi Google Webmaster Tools Berhasil

Langkah awal yang perlu anda lakukan setelah mempunyai akun Google Webmaster Tools adalah submit sitemap situs / blog. Caranya.. pada menu yang terletak disebelah kiri, pilih Perayapan (Crawl) >> pilih Peta Situs (Sitemap) >> klik tombol tambahkan / uji peta situs.

Kelas Informatika - Submit Sitemap di Google Webmaster Tools

Kemudian akan muncul kotak dialog Uji Peta Situs. Secara berurutan, satu per satu masukkan 4 atribut berikut lalu klik tombol kirim.

  1. /atom.xml
  2. /feeds/posts/default?orderby=updated
  3. /rss.xml
  4. /sitemap.xml

Kini situs / blog kamu akan terindeks oleh halaman pencarian google. Selain itu, secara rutin Google Webmaster Tools akan menginformasikan segala aktivitas penting terkait situs / blog yang telah kamu submit. Bagi para pegiat SEO, cara ini merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas SEO situs / blog.

Kelas Informatika - Dashboard Google Webmaster Tools

Sekian tulisan kali ini yang membahas tentang Cara Membuat Akun dan Verifikasi Google Webmaster Tools. Jangan lupa follow Fanspage Kelas Informatika untuk update ilmu seputar blogging, SEO juga pengetahuan informatika tentunya. Salam 😊

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Daftar dan Verifikasi Akun Google Webmaster Tools 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel