Mengenai Saya

Logo Kelas Informatika

Kelas Informatika - Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan termasuk juga pada bimbingan dan konseling. Keberadaan bimbingan konseling supaya tetap diterima dalam masyarakat tentunya juga harus berkolaborasi dengan perkembangan teknologi informasi. Penguasaan teknologi informasi saat ini merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi.

Kelas Informatika merupakan sebuah media informasi yang secara khusus menyajikan seputar ilmu pengetahuan bidang teknologi informasi dan multimedia. Dalam pengelompokannya, kelas informatika dibagi menjadi 5 kategori umum dengan sub-sub kategori pada masing-masing kategori tersebut. Adapun kategori yang dimaksud meliputi :

Penerapan Teknologi

Penerapan teknologi merupakan kategori pertama yang didalamnya berisi tentang implementasi berbagai teori teknologi informasi. Terdapat 3 sub kategori yang menjadi bagian dalam kategori ini yakni bangunan program (program develompment), aplikasi komputer (computer application), dan jaringan komunikasi (networking). Penerapan teknologi pada prakteknya seperti pembuatan program, dimana dalam ilmu komputer terdiri dari berbagai basis pemrograman yakni web (php, html, asp, .net), dekstop (java, delphi, visual basic) dan mobile (android, ioS, windows mobile)

Arsitektur Keilmuan

Arsitektur keilmuan berisi tentang teori-teori dasar maupun lanjutan dalam bidang teknologi informasi dan multimedia. Melalui teori ini, teknologi informasi dapat terus berkembang hingga saat ini. Kategori ini juga menciptakan berbagai konsep yang mendasari para praktisi maupun ilmuwan bidang komputer dalam mengembangkan penelitiannya. Terdapat 2 sub kategori yang menjadi bagian dalam kategori arsitektur keilmuan yakni interaksi manusia dan komputer serta konsep keilmuan bidang teknologi informasi dan multimedia.

Sistem Informasi

Mengacu kepada wikipedia, kategori sistem informasi menyajikan ilmu pengetahuan tentang kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, kategori sistem informasi membahas tentang ilmu pengetahuan komputer yang merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Infrastruktur Sistem

Infrastruktur sistem membahas tentang instrumen, perangkat kebutuhan, dan sumber daya yang dibutuhkan seseorang dalam membangun sebuah sistem berbasis teknologi informasi dan multimedia. Infrastruktur sistem dapat memudahkan praktisi maupun ilmuwan dalam mengembangkan ilmu-ilmu komputer. Sistem data, perangkat komputer, dan sumber daya komputer merupakan 3 sub kategori yang menjadi bagian dari infrastruktur sistem. Pada prakteknya, infrastruktur sistem berisi mengenai ilmu pengelolaan basis data, pengetahuan seputar hardware atau perangkat keras komputer, dan lain sebagainya.

Metode Software

Metode software merupakan kategori kelima dalam kelas informatika yang berisi tentang cara-cara ataupun berbagai langkah yang perlu dilewati untuk mencapai sebuah tujuan serta menyelesaikan studi kasus dalam lingkup teknologi informasi dan multimedia. Metode software tentunya berdasarkan kepada teori dan konsep teknologi informasi dan multimedia sebagai acuan untuk membangun sebuah sistem. Metode software memiliki 3 sub kategori yakni algoritma, sistem terintegrasi, dan sistem cerdas. Metode kecerdasan buatan (jaringan syaraf tiruan, fuzzy logic, naive bayes) dan sistem terdistribusi merupakan contoh penerapan pada kategori ini.

Melalui kelas informatika diharapkan dapat menjadi tambahan referensi bagi para praktisi komputer, ilmuwan, maupun para mahasiswa mulai dari penyelesaian tugas matakuliah hingga skripsi yang umumnya menghambat kelulusan mereka yang berada di jurusan teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer, atau yang sejenisnya.